Kamis, 01 Januari 2015

12 Tempat Wisata di Jakarta yang Harus Anda Kunjungi

12 Tempat Wisata di Jakarta yang Harus Anda Kunjungi, Tempat Wisata Terindah - DKI Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia selain menjadi pusat pemerintahan, juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik apabila dibandingkan dengan daerah lain. Tempat wisata yang ada di Jakarta ini juga beragam dari mulai wisata alam, wisata sejarah ataupun wisata keluarga. Selain dapat menikmati lokasi wisata yang tentunya sangat bagus dan indah, pengunjung juga dapat menikmati kota jakarta sebagai kota metropolitan. Maklum pengunjung Kota Jakarta merupakan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Tentunya mereka juga ingin melihat betapa pesatnya pembangunan yang dilakukan di Kota Jakarta ini. Pemandangan sebuah kota yang megah, lengkap dengan berbagai fasilitas berupa gedung perkantoran yang menjulang tinggi, mall-mall yang besar, stasiun yang selalu padat dll.

12 Wisata Jakarta Paling Populer

Berikut merupakan 12 Tempat Wisata di Jakarta yang Harus Anda Kunjungi :

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional


Monumen Nasional sering disingkat dengan sebutan Monas. Monas merupakan ikon Kota Jakarta dan juga kebanggaan Indonesia. Bagaimana sejarah pendirian Monas ? Monas didirikan pada masa pmerintahan Presiden Soekarno yaitu pada tanggal 17 Agustus 1961. Puncak Tugu Monas terdapat mahkota yang berbentus seperti lidah api yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Pengunjung dapat naik Tugu Monas melalui lift yang disediakan. Dari atas, pengunjung dapat menikmati indahya Kota Jakarta apabila dilihat dari atas. (Baca : Taman Monumen Nasional Ikon Kota Jakarta )

2. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah


Taman Mini Indonesia Indah dibangun atas prakarsa ibu negara waktu itu yaitu Ibu Tien Soeharto. TMII merupakan miniatur keragaman budaya yang ada diIndonesia. Di dalamnya ada berbagai macam anjungan berbagai provinsi di Indonesia yang menyajikan adat dan kebudayaannya, seperti tarian, pakaian adat serta rumah adat. Selain anjungan budaya, di TMII juga terdapat berbagai macam museum yang sangat bagus untuk dikunjungi oleh putra putri kita. ( baca : Taman Mini Indonesia Indah Miniatur Keragaman Indonesia )

3. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol


Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang menawarkan berbagai macam permainan yang pastinya sangat mengasyikkan bagi keluarga kita. Sebagai sebuah kawasan wisata terpadu, ada berbagai macam fasilitas yang dibangun di kompleks ini seperti : Pantai dan Taman,  Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Sea World, Putri Duyung Cottages, Padang Golf Ancol, Marina, Pasar Seni, Pulau Bidadari, Ritel, Hailai Executive Club, Kereta Gantung, Bowling, Wisata Kuliner. Selain fasilitas wisata diatas, di Taman Impian Jaya Ancol juga terdapat beberapa hotel seperti Putri Duyung Cottage, Mercure Convention Centre, Hotel Raddin Ancol. ( Baca : Taman Impian Jaya Ancol Menyajikan Hiburan yang Lengkap )

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan


Wisata ke kebun binatang merupakan sebuah cara yang sangat baik untuk mengisi liburan bersama keluarga. Dengan mengunjungi kebun binatang, kita bisa mengenalkan kepada anak-anak kita berbagai binatang yang tidak mungkin kita temui di lingkungan sekkitar kita. Saat ini sudah banyak binatang hampir punah di kehidupan alam aslinya. Dengan adanya kebun binatang ini selain bisa untuk melestarikan keberadaan binatang ini, juga dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Kebun binatang Ragunan sebagai kebun binatang yang ada di Jakarta hampir selalu penuh apabila musim liburan tiba. Di kebun binatang ini terdapat 295 spesies dan 4040 spesies binatang. (Baca : Asyiknya Liburan ke Kebun Binatang Ragunan Bersama Keluarga )

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu


Kepulauan Seribu di Jakarta sepertinya sudah tak asing lagi di telinga penikmat wisata di Indonesia. Di Kepulauan Seribu ini menawarkan wisata bahari yang sangat indah. Pengunjung Kepulauan Seribu dapat menikmati indahnya pantai serta indahnya pemandangan bawah laut. Untuk menikmati Kepulauan seribu pengunjung juga dapat menyewa kapal yang bisa disewa untuk mengitari area lokasi sekitar Kepulauan Seribu. ( Baca : Tempat Wisata Kepulauan Seribu Surganya para Diver )

6. Museum Fatahilah atau Museum Sejarah Indonesia

Museum Fatahilah atau Museum Sejarah Indonesia


Di Indonesia mengunjungi museum yang bersejarah nampaknya masih jarang dilakukan oleh para pelajar kita. Padahal mengunjungi museum banyak sekali manfaatnya, diantaranya kita dapat mempelajari sejarah negara kita yang sangat penuh dengan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan dan mempertahankannya dari cengkeraman penjajah. Bangunan Museum Fatahilah ini dulunya adalah Balai kota yang didirikian pada zaman penjajahan Belanda tahun 1707-1710 dengan perintah Gubernur Jenderal Johan van Hoorn. Pada tanggal 30 Maret 1974 pemerintah Indonesia menetapkannya sebagai Museum Fatahillah. (Baca : Wisata ke Museum Fatahillah Mengenal Sejarah )

7. Museum Gajah

Museum Gajah


Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum yang terletak di  Jalan Merdeka Barat 12 Jakarta Pusat. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Museum ini dinamakan Museum Gajah karena pada waktu itu Raja Chulalongkorn dari Thailand menghadiahkan patung berbentuk gajah dari bahan perunggu dan dipasang di halaman museum. Pada tanggal 28 Mei 1979 Pemerintah Indonesia resmi menetapka Museum Gajah dengan nama Museum nasional Indonesia. Koleksi di Museum Gajah ada sekitar 109.342 buah yang meliputi benda-benda kuno dari selluruh nusantara seperti arca kuno, prasasti dll.

8. Museum Wayang

Museum Wayang


Museum Wayang ini terdapat di Jakarta Barat tepatnya terdapat di Jalan Pintu Besar Utara No 27. Dulu Awal mulanya bangunan ini bernama De Oude Hollandsche Kerk " Gereja Lama Belanda " serta pertama kalinya di bangun pada th. 1640. Lantas th. 1732 diperbaiki kembali serta bertukar nama jadi De Nieuwe Hollandse Kerk " Gereja Baru Belanda " hingga pada th. 1808 hancur yang di sebabkan oleh gempa bumi pada th. yang sama. Lalu diatas tanah sisa reruntuhan inilah di bangun kembali serta jadi suatu gedung museum wayang yang diresmikan penggunaannya juga sebagai museum pada tanggal 13 Agustus 1975. Museum Wayang ini juga memamerkan beragam jenis type serta bentuk wayang dari semua Indonesia, baik yang terbuat dari kayu serta kulit ataupun terbuat dari beberapa bahan lain. Hingga wayang-wayang yang ada diluar negeripun juga ada di Museum sini, umpamanya Wayang dari Republik Rakyat Cina serta Kamboja.

9. Kidzania

Kidzania


Kidzania merupakan sebuah wahana mainan anak yang sangat seru yang berada di lantai 6 Pacific Place Mall, Sudirman Jakarta Selatan. Tempat wisata ini sebenarnya dikhususkan untuk anak-anak kecil. Di tempat wisata ini anak anak dapat merasakan menjalani profesi seperti di dunia nyata. anak-anak dapat menjadi dokter, perawat, fotografer, penari pemadam kebakaran dll. Tentunya untuk menjalani profesi ini sudah disediakan seragam sesuai dengan jenis profesi beserta berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Ruangannya pun juga disulap menyerupai kondisi aslinya, meskipn dengan ukuran yang lebih kecil.

10. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal


Masjid Istiqlal merupakan Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Masjid ini menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal didirikan atas prakarsa dari Presiden Soekarno dan diarsiteki oleh Frederich Silaban. Pembangunan masjid ini dimulai pada 24 Austus 1951. Kapasitas masjid ini adalah 200.000 orang. Karena kemegahannya, anda yang sedang mengunjungi Kota Jakarta untuk berwisata, alangkah baiknya apabila menyempatkan waktu untuk mampir di Masjid Istiqlal yang bersejarah ini.

11. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta


Gereja Katedral Jakarta bisa dikatakan bangunan yang bersejarah di Kota Jakarta. Gereja ini dibangun dengan gaya arsitektur neo gotik eropa dan diresmikan pada 1901. Gereja Katedral Jakarta ini kami masukkan dalam tempat wisata Jakarta sebagaimana Masjid Istiqlal, Gereja ini sudah menjadi ikon masyarakat Jakarta sehingga wajib diketahui oleh pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.



12. Gelora Bung Karno

Gelora Bung Karno


Siapa tak kenal dengan Gelora Bung Karno ? Gedung olah raga  ini sering digunakan untuk menghelat berbagai event olah raga di Indonesia. Selain event-event olah raga nasional, tempat ini ramai dikunjungi oleh pengunjug di pagi dan sore hari serta saat liburan untuk berolah raga.



Berikut kami tampilkan sebagai tambahan artikel ini, Daftar Tempat Wisata di Jakarta Lengkap.

    Kebun Binatang Ragunan
    Monumen Nasional
    Museum Gajah
    Taman Mini Indonesia Indah
    Taman Impian Jaya Ancol
    Museum Fatahillah
    Pulau Seribu
    Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah
    Museum Fatahillah dikenal pula sebagai Museum Sejarah Jakarta
    Museum Wayang
    Museum Adam Malik
    Museum Tekstil
    Museum Satria Mandala
    Museum Bahari
    Museum Seni Rupa dan Keramik
    Museum Perangko
    Museum Pelita Harapan
    Taman Prasasti
    Gedung Joang '45
    Museum Bank Mandiri
    Museum Bank Indonesia
    Museum Gedung Mohammad Hoesni Thamrin
    Museum Sumpah Pemuda
    Museum Prasasti
    Pancoran, Jakarta Selatan
    Plaza Indonesia
    Gajah Mada Plaza
    Glodok Plaza
    Harco Glodok
    Hayam Wuruk Lindeteves
    ITC Cempaka Mas
    Menteng Plaza
    EX Plaza Indonesia
    Pusat Pertokoan Duta Merlin
    Sarinah Plaza
    Grand Indonesia Shopping Town
    Plaza Atrium
    Dusit Mangga Dua
    Harco Mas Mangga Dua
    ITC Mangga Dua
    Mall Kelapa Gading
    Mall Mangga Dua
    Mall Sunter
    Pluit Village/Megamal Pluit
    Pasar Pagi Mangga Dua
    WTC Mangga Dua
    Mangga Dua Square
    Harco Manggua Dua
    Mall Artha Gading
    Sports Mall Kelapa Gading
    Kelapa Gading Trade Center
    Mall of Indonesia
    Emporium Pluit Mall
    Kramat Jati Indah
    Cibubur Junction
    Pusat Grosir Celilitan
    Tamini Square
    Pulogadung Trade Center
    Lindeteves Trade Center (LTC-Glodok)
    ITC Permata Hijau
    ITC Roxy Mas
    Lokasari Plaza
    Mall Ciputra (d/h Citraland Mall)
    Mall Daan Mogot
    Mall Puri Indah
    Mall Taman Anggrek
    Roxy Mas Square
    Slipi Jaya Plaza
    Kalibata Plaza
    Cilandak Town Square
    Mal Cilandak
    Blok M Plaza
    ITC Fatmawati
    ITC Kuningan
    Mal Ambassador
    Mall Blok M
    Mall Pondok Indah I & II
    Melawai Plaza
    Pasar Raya Dept. Store
    Pasar Bata Putih
    Pacific Place
    Plaza Semanggi
    Setiabudi One
    Senayan City
    Lifestyle X'nter