Rabu, 07 Januari 2015

Rancabuaya, Tempat Wisata Pantai yang Indah di Garut

Rancabuaya, Tempat Wisata Pantai yang Indah di Garut, Tempat Wisata Terindah - Pantai Ranca Buaya adalah salah satu objek wisata bahari yang ada di Jawa Barat, tepatnya berada di Kabupaten Garut di Desa Purbayani Kec. Carigin. Pantai ini berbatasan dengan desa-desa tetangga disekelilingnya, yaitu berbatasan dengan Desa Indralayang disebelah selatan. Disebelah timur terdapat desa Sinarjaya, dan tepat disebelah barat berbatasan Samudra Hindia. Ombak Pantai Ranca Buaya terkenal cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Sehingga tidak cocok untuk aktifitas berenang karena dasar tepi pantai berstruktur bebatuan karang yang cukup besar.

Yang cukup menarik di Tempat Wisata Pantai RancaBuaya ini yaitu memiliki air terjun tercurah langsung dari tebing batu  tinggi. Disebut curug karna langsung menghadap arah pantai. Para wisatawan dapat  bersenang-senang dengan mencari ikan-ikan kecil dibebatuan karang yang terbawa oleh ombak. Banyak pula jenis hewan laut lain yang dapat ditemui di sektar curug seperti  kerang, kepiting laut, bintang laut yang ikut terdampar dsb.  Pantai yang sekaligus merupakan pantai pelabuhan ini, dapat menambah daya tarik wisatawan yang ingin membeli ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan setempat. Ikan-ikan yang tentu masih segar dapat dinikmati bersama keluarga. Dengan  dibakar di tepian pantai  sambil menikmati suasana pantai yang indah. 

Pengelolaan tempat wisata daerah ini saat ini dipegang oleh tim Kompepar ( Kelompok Penggerak Pariwisata ) yang di bentuk oleh warga masyarakat setempat. Status hak milik tanah di area pantai 70% milik warga, kemudian sisanya tanah milik desa. Sayangnya Pemerintah Daerah  setempat kurang melakukan promosi ke berbagai media, sehingga tempat yang indah ini kurang dikenal oleh masyarakat luas. Meskipun begitu pantai ini memiliki potensi yang cukup baik mengingat jalur masuk menuju lokasi cukup nyaman di tempuh dengan kendaraan. Jalan yang lebar dengan aspal yang mulus menjadi salah satu faktor utama  suatu objek wisata dapat dikembangkan potensinya.

Alternatif rute yang dapat anda pilih untuk menuju lokasi Tempat Wisata Pantai Ranca Buaya antara lain :

Jalur Garut > Jalur ini memiliki kondisi jalan yang cukup baik. Bisa anda tempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, yaitu melewati kota Garut kemudian Pemeungpeuk kemudian Ranca Buaya

Jalur bandung > Jalur ini cukup bagus kondisinya karena telah di hotmix disebagian jalannya, yaitu melewati Bandung kemudian Pangalengan kemudian Ranca Buaya.

Jalur Bandung Selatan> Menggunakan jalur lintas selatan jawa barat yang bersebelahan dengan pantai selatan di wilayah jawa barat. Yaitu melewati jalur Bandung kemudian Ciwidey kemudian Cidaun kemudian Ranca Buaya.

Anda juga dapat menempuh jalur tersebut dengan transportasi umum berupa elf dari arah kota garut, atau dari arah kota Pangalengan. Untuk menimati keindahan alami suasana Tempat wisata Pantai Ranca Buaya yang indah ini. ( Baca Juga : Tempat Wisata di Garut Pilihan )

Gambar Tempat Wisata Pantai Ranca Buaya yang indah

Pantai Ranca Buaya



Demikian tadi sedikit informasi tentang Tempat Wisata Pantai Rancabuaya di Kabupaten Garut Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan ini. Jika berkenan jangan lupa share ke akun Facebook kawan-kawan ya...