Selasa, 09 Mei 2023

12 Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu

12 Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu, Tempat Wisata Terindah - Pada artikel ini kita akan membahas tentang beberapa tempat wisata di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Sukoharjo adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam, sejarah, budaya, sampai kuliner, semuanya ada di Sukoharjo. Kabupaten Sukoharjo ini adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Surakarta atau Solo. Letak Kabupaten Sukoharjo ini adalah adiantara Kota Solo dan Kabupaten Wonogiri.  Meskipun masih kalah pamor dengan wisata di Solo, namun ada beberapa tempat wisata yang sepertinya layak untuk dijadikan sebagai refrensi buat menghabiskan musim liburan. Di bawah ini adalah 12 tempat wisata terindah yang ada di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.

12 Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu


 1. Pandawa Water World


Pandawa Water World



Dilihat dari namanya sepertinya sudah terlihat bahwa tempat wisata di Sukoharjo ini merupakan sebuah wahana permainan air yang cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Di lokasi ini selain terdapat kolam renang juga menawarkan aneka permainan air yang bernuansa petualangan. Hal yang mencolok dari Pandawa Water World adalah adanya relief di dinding yang bergambar pandawa. Lokasi Pandawa Water World ini adalah di Solo Baru, Grogol Sukoharjo. Wahana ini sanat digemari oleh masyarakat Solo dan sekitarnya. Bahkan ada juga pengu jung yang dari luar negeri. Wahana yang ada di Pandawa Water World diantaranya adalah bungy jumping, black hole, bungy river, wave pool, raf slide, racer slide, kiddy pool, dan wahana yang lainya (Baca : Wisata Pandawa Water World)

2. Alaska Waterboom

Alaska Waterboom


Selain Pandawa Water World, Sukoharjo juga memiliki sebuah tempat wisata air yang mengasyikkan. Tempat wisata ini adalah Alaska Waterboom. Tempat wisata di Sukoharjo ini juga ramai dikunjungi oleh para pengunjung, namun kebanyakan yang hadir masih sebatas pengunjung dari Sukoharjo sendiri. Alaska Waterbook terletak di Desa Polokarto, Sukoharjo. Keunikan dari waterboom di Sukoharjo adalah lokasi waterboom ini berada di tengah hutan jati. Jadi keberadaannya seperti oase di padang pasir.


3. Kora-kora

Kora-kora


Satu lagi tempat wisata bermain anak yang ada di Sukoharjo. Tempat ini juga merupakan tempat bermain air yang dikhususkan bagi anak-anak. Lokasi wisata Kora-kora adalah di Desa Purbayan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Di tempat wisata di Sukoharjo ada 4 kolam renang dengan ketinggian yang berbeda, sehingga putra-putri kita dapat memilih sesuai dengan ketinggian badan masing-masing.

4. Sendang Pinilih

Sendang Pinilih


Tempat wisata di Sukoharjo Sendang Pinilih adalah lokasi wisata di Sukoharjo tepatnya berada di Sawah Jero, Jangglengan, Nguter, Sukoharjo. Meskipun namanya sendang, namun sebenarnya tempat wisata di Suoharjo ini adalah berupa kolam renang yang sudah dikembangan sebagai obyek wisata air bagi masyarakat Sukoharjo. Ada 3 kolam renang dan 1 kolam ikan yang terdapat di Sendang Pinilih ini. Tarif masuknya yang sangat murah yaitu hanya 7000 menjadikan Sendang Pinilih sebagai salah satu alternatif berlibur saat libur akhir pekan tiba.

5. Dam Colo

Dam Colo


Di Kecamatan Nguter Sukoharjo yang merupakan kecamatan paling selatan, terdapat sebuah Dam atau bendungan yang fungsinya adalah untuk menampung air sungai untu dimanfaatkan sebagai sarana irigasi persawahan di sekitarnya. Selain untuk tujuan irigasi ternyata Dam Colo ini juga sering dimanfaatkan warga sekitar sebagai tempat nongkrong dan ngobrol bersama teman-teman. Memang kalau dilihat Dam Colo ini memiliki keindahan tersendiri yaitu berupa bangunan Bendungan yang megah serta bendungan air yang menjadikan suasana menjadi meriah.

6. Waduk Mulur

Waduk Mulur


Satu lagi jenis wisata air yang ada di Kabupaten Sukoharjo jawa Tengah. Wisata ini adalah Waduk Mulur. Nama Mulur diambil dari nama tempat keberadaan waduk ini yaitu di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Waduk ini menjadi tempat paling menyenangkan buat para pehobi memancing. Biasanya pada Hari Minggu atau hari libur banyak pemancing yang berdatangan untuk memancing di waduk ini. Selain untuk memancing pada waktu-waktu tertentu juga diadakan event lomba dayung, sky air dan motor air.

7. Umbul Pecinan Batu Seribu

Umbul Pecinan Batu Seribu


Tempat wisata di Sukoharjo Umbul Pecinan Batu Seribu merupakan salah satu wisata keluarga favorit bagi warga masyarakat Sukoharjo. Umbul Pecinan Batu Seribu berupa taman dan pemandian yang berdiri di lahan seluas 2,5 hektar diatas perbukitan batu kapur. Untuk menuju tempat wisata Umbul Pecinan Batu Seribu ini anda harus melewati jalan yang berkelok dan naik. Ada berbagai fasilitas yang ditawarkan di Umbul Pecinan Batu Seribu ini yaitu kolam renang, sendang, outbond dan juga panggung kesenian. Di Umbul Pecinan Batu Seribu terdapat lele putih yang dikeramatkan olehwarga sekitar karena dianggap sebagai penjelmaan dari Kyai Truno.



8. Pemandian Air Hangat Langenharjo

Pemandian Air Hangat Langenharjo


Di Kabupaten Sukoharjo ternyata terdapat sebuah pemandian air hangat. Pemandian air hangat ini dahulu dibangun oleh keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta. Pembangunan pemandian air hangat ini konon dengan cara mengebor tanah, Jadi dapat disimpulkan bahwa air hangat yang keluar merupakan bukan terbentuk secara alamiah seperti air hangat yang muncul di pegunungan. Namun sayang Pemandian Air Hangat Langenharjo ini air yang keluar tidak lagi hangat. Katanya sih karena kurangnya perawatan, sehingga pipa air yang digunakan sudah banyak yang keropos. Pemandian Air Hangat Langenharjo ini masih perlu ada pembenahan dari pihak terkait agar penampilannya lebih segar dan dapat lebih diminati oleh wisatawan, karena mengandung nilai historis yang sangat tinggi.

9. Petilasan Kasultanan Pajang

Petilasan Kasultanan Pajang


Kasultanan Pajang merupakan penerus dari Kerajaan Demak yang telah runtuh. Dalam sejarah keberadaan Kesultanan Pajang ini tidaklah lama. Hal itu karena pada masa akhir pemerintahan Sultan Hadiwijaya, berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Mataram yang kemudian mengambil alih kekuasaan Kesultanan Pajang di Tanah Jawa. Kesultanan Pajang sangat identik dengan Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir. Petilasan Kesultanan pajang terletak di Jl. Joko Tingkir, Gang Benowo II Sonojiwan RT 5/RW 22 Makam Haji, Kartosuro, Sukoharjo. Karena keruntuhan kesultanan Pajang sudah berlangsung selama ratusan tahun, saat ini tidak ada bangunan fisik yang masih tersisa. Di petilasan ini hanya terdapat serpihan kayu yang dipercaya sebagai bekas getek atau rakit milik Joko Tingkir, sebuah batu yang dulunya menjadi tempat bersemadi dan sebuah sendang yang airnya selalu jernih meskipun terletak di pinggir sungai yang keruh dan  kotor.

10. Royal Water Adventure

Royal Water Adventure


Royal Water Adventure merupakan salah satu wisata permainan air di Sukoharjo yang cukup ramai dikunjungi. Disini anda dan keluarga dapat berlibur dan menikmati beberapa kolam renang dan permainan air yang sangat digemari anak-anak. Royal Water Adventure terletak di Jalan Solo-Wonogiri tepatnya di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo.



11. Makam Ki Ageng Sutowijoyo

Makam Ki Ageng Sutowijoyo


Selain terkenal dengan wisata airnya, Kabupaten Sukoharjo juga terdapat beberapa wisata religi yang terkenal. Salah satu wisata religi yang ada di Sukoharjo adalah Makam Ki Ageng Sutowijoyo. Makam Ki Ageng Sutowijoyo ini terdapat di Desa Majasto Kecamatan Tawangsari Sukoharjo. Makam ini jua dikenal dengan nama Makam Bumi Arum Majasto. Ki Ageng Sutowijoyo merupakan putra ke 107 Raja Majapahit Brawijaya V. Beliau merupakan salah satu santri Sunan Kalijogo serta pernah jadi guru dari Joko Tingkir. Ki Ageng Sutowijoyo juga merupakan pendiri Desa Majasto. Menurut cerita, makam Ki Ageng Sutowijoyo ini tidaklah dalam tetapi dangkal. Namun begitu makam ini tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Di lokasi ini selain terdapat makam juga terdapat Masjid peninggalan Ki Ageng Sutowijoyo. Sampai saat ini makam ini selalu ramai dikunjungi peziarah, terutama malam Jumat Kliwon.

12. Makam Ki Ageng Purwoto Sidik

Makam Ki Ageng Purwoto Sidik


Ki Ageng Purwoto Sidik memiliki beberapa julukan, diantaranya adalah Ki Kebo Kanigoro, Ki ageng Banyubiru dll. Beliau masih terbilang paman dari Joko Tingkir sekaligus gurunya. Makam Ki Ageng Purwoto Sidik ini berada di Dusun Sarean, Kelurahan Jatingarang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Dilokasi makam tersebut terdapat petilasan ki Ageng Purwoto Sidik yaitu berupa Sendang. Sendang tersebut diantaranya Sendang Banyubiru, sendang Margomulyo, Krapyak, Margojati, Bendo, Gupak Warak, Ndanumulyo, Siluwih dan Sepanjang. Sendang Gupak Warak berada di Wonogiri, dan lainnya tersebar di Weru Sukoharjo.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Sukoharjo yang Anda Harus Tahu. Memang tempat wisata diatas belum sepenuhnya dapat bersaing dengan tempat wisata yang berada di kabupaten sekitarnya. Namun dengan pembenahan dan pengelolaan dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pastinya dapat lebih banyak diminati oleh para wisatawan. ( Baca Juga : Tempat Wisata Unggulan di Solo dan Jawa Tengah )