Jumat, 18 September 2015

6 Lokasi Panjat Tebing Terbaik di Indonesia

Panjat tebing atau istilah dalam bahasa Inggrisnya rock climbing merupakan salah satu aktivitas olahraga alam yang sangat menantang dan memicu adrenalin. Untuk melakukan olahraga ini harus memiliki kekuatan fisik dan kesiapan mental yang baik. Selain itu teknik dan strategi pemanjatan juga sangat dibutuhkan agar pemanjat dapat berhasil memanjat hingga puncak tebing.

Panjat tebing biasanya dilakukan di wilayah dengan kontur batuan dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45 derajat dan dengan tingkat kesulitan tertentu. Untuk melakukan panjat tebing harus menggunakan berbagai perlengkapan khusus seperti helm,sepatu panjat, kantung kapur, tali kernmantle dan masih banyak peralatan peralatan lainnya yang menunjang keselamatan saat melakukan pemanjatan.

 6 Lokasi Panjat Tebing Terbaik di Indonesia


Dalam dunia pariwisata, panjat tebing dikategorikan dalam wisata minat khusus. Indonesia memiliki banyak sekali lokasi panjat tebing dengan keistimewaan masing-masing. Bukan hanya menyuguhkan tebing-tebing curam untuk pemanjatan tapi juga keindahan alam yang mempesona. Berikut ini 5 lokasi panjat tebing terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda.

Tebing Uluwatu

Tebing Uluwatu


Tebing ini berlokasi di Bali dengan ketinggian sekitar 75 hingga 100 meter. Memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi dengan dinding relief cenderung tajam. Letaknya berada di bibir pantai membuat tebing ini memiliki keindahan alam tersendiri.

Gunung Api Purba

Gunung Api Purba


Berlokasi di desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tebing-tebing di kawasan Gunung Api Purba ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam, mulai dari yang mudah hingga sulit, sehingga dapat dijadikan tempat pemanjatan bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Tebing Citatah

Tebing Citatah


Tebing ini merupakan salah satu lokasi panjat tebing terbaik di Indonesia yang terletak di Desa Cipatat, Padalarang, Bandung. Memiliki jenis kesulitan bervariasi dengan jenis batuan karst. Citatah memiliki tiga tebing, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Tebing Citatah 48 dan 125 adalah tebing yang paling sering dipilih bagi pemanjat.

Tebing Nunggal

Tebing Nunggal


Lokasinya berada di Cileungsi, kabupaten Bogor. Tebing ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena minim pegangan sehingga sangat cocok untuk pemanjat yang berpengalaman.

Tebing Pantai Siung

Tebing Pantai Siung


Lokasinya terletak di Pantai Siung, Dusun Wates, Gunungkidul, Yogyakarta. Selain menawarkan keindahan pantainya yang indah, Pantai Siung juga menawarkan tebing-tebing yang dapat dipanjat dengan lokasi bervariasi. Ukuran tebing tertinggi sekitar 15 m dengan jenis batuan karst. Jika memanjat tebing di Pantai Siung para Pemanjat akan disuguhkan sensasi pemandangan laut yang indah dari atas tebing.

Lembah Harau

Lembah Harau


Terakhir, lokasi panjat tebing terbaik di Indonesia adalah Lembah Harau, dimana merupakan sebuah ngarai yang terletak di dekat kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Pemandangan di lembah Harau sangat menakjubkan. Lembah ini diapit oleh dua buah bukit cadas yang terjal dengan ketinggian 150 meter. Kemiringan tebing mencapai 90 derajat. Dengan relief  batu cadas yang curam sehingga menciptakan tingkat kesulitan tersendiri. Jajaran tebing di wilayah ini merupakan area yang pas untuk melakukan panjat tebing.