Senin, 28 September 2015

Megahnya Tempat Wisata Waduk Kedung Ombo Jawa Tengah

Megahnya Tempat Wisata Waduk Kedung Ombo Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Waduk Kedung Ombo merupakan sebuah bedungan raksasa yang terdapat di Jawa Tengah. Waduk ini memiliki luas 6.576 hektar dan menempati 3 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali. Keberadaan Waduk Kedung Omb ini sangat ermanfaat terutama sebagai sarana irigasi bagi persawahan yang berada di Kabupaten Grobogan dan sekitarnya. Selain sebagai sarana irigasi, Waduk Kedung Ombo juga dikembangkan sebagai tempat wisata yang sangat potensial. Salah satu spot di Tempat Wisata Waduk Kedung Ombo yang banyak didatangi wisatawan adalah yang ada di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Tempat Wisata Waduk Kedung Ombo Jawa Tengah


Fungsi Waduk Kedung Ombo

Seperti telah disampaiakn diatas bahwa fungsi utama Waduk Kedung Ombo adalah sebagai sarana irigasi. Ada lebih dari 60.000 hektar sawah yang dapat diairi dengan air dari Kedung Ombo ini. Sawah yang diairi Waduk Kedung Ombo ini berada di wilayah Kabupaten Grobogan, Sragen, Boyolali, Demak, Kudus dan Pati. Selain sebagai penyedia irigasi bagi lahan oertanian, Waduk Kedung Ombo juga dimanfaatkan untuk penyedia air baku,  pembangkit tenaga listrik berkekuatan 22,5 megawat, Meredam banjir,  Sebagai objek pariwisata, Perikanan, dengan adanya keramba-keramba dan pemancingan.

Keindahan Waduk Kedung Ombo

Memang tak heran apabila Waduk Kedung Ombo banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena Waduk Kedung Ombo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Anda dapat melihat secara langsung bendungan raksasa yang menjadi kebanggaan warga Jawa Tengah ini. Di sekitar waduk dapat anda lihat bagaimana bendungan ini dibuat. Di sekitra bendungan sendiri juga terlihat rapih. Di sekitar Waduk Kedung Ombo banyak ditumbuhi hutan yang rimbun yang dikelola oleh Perhutani.

Fasilitas di Obyek Wisata Kedung Ombo

Sebagai obyek wisata, Waduk Kedung Ombo sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mebuat nyaman para pengunjung. Ada beberapa pemancingan yang siap melayani pengunjung dengan menyajikan berbagai masakan ikan air tawar. Jika ingin melihat lebih jauh ke dalam waduk anda juga dapat menyewa perahu motor yang dapat mengantarkan ana mengelilingi area Waduk Kedung Ombo. Di sepanjang Waduk Kedung Ombo juga banyak dutemui pehobi memancing yang mencoba meruntungannya memancing ikan air tawar, khususnya pada musim liburan.
Baca : 12 Tempat Wisata Terindah di Kabupaten Grobogan

Kasus Waduk Kedung Ombo

Tempat Wisata Waduk Kedung Ombo memang memiliki pemandangan yang indah serta memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sekitar. Namun dibalik itu semua, Waduk Kedung Ombo menyimpan kisah yang teramat pilu. Kisah itu berhubungan dengan penolakan dari warga masyarakat yang tanahnya akan digunakan sebagai lokasi pembuatan waduk kedung ombo ini. Warga menolak karena enggan meninggalkan tanah kelahirannya dan juga karena ganti rugi tanah yang sangat kecil. Warga yang tidak mau pindah banyak mengalami acaman, teror dan penganiayaan dari aparat. Kisah selengkapnya dapat dibaca pada sumber lengkap dari Wikipedia.

Demikian tadi sedikit gambaran tentang Megahnya Tempat Wisata Waduk Kedung Ombo Jawa Tengah. Terus ikuti blog tempatwisatadaerah.blogspot.com untuk mendapatkan update informasi wisata lainnya.