Rabu, 09 September 2015

Wisata Pantai Dampo Awang di Pusat Kota Rembang

Wisata Pantai Dampo Awang di Pusat Kota Rembang, Tempat Wisata Terindah - Kalau bicara tetang tempat wisata di Kabupaten Rembang nampaknya tak bisa dilepaskan dari salah satu wisata yang terkenal ini yaitu Pantai Dampo Awang. Pantai ini sangat mudah ditemukan karena berada tepat di pusat Kota Rembang. Pantai Dampo Awang sendiri memiliki nama lain yang sangat terkenal yaitu Taman Kartini, bahkan ada juga yang menyebut dengan Pantai Kartini. Hal itu karena dahulu Pantai Dampo Awang memiliki nama resmi Taman Rekreasi Pantai Kartini. Setelah pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta namanya diubah menjadi Pantai Dampo Awang atau dalam bahasa Inggrisnya Dampo Awang Beach. Jadi jangan sampai salah ya dengan wisata pantai yang ada di Jepara.

Fasilitas Pantai Dampo Awang

Pantai Damp Awang termasuk pantai yang sudah banyak dilakukan pembenahan dari pihak pengelolanya, sehinga fasilitas yang terdapat di dalamnya juga sudah dibangun sedemikian rupa. Pengunjung dapat menikmati bernagai macam fasilitas di Pantai Dampo Awang sebagai berikut :
    Taman bermain anak
    Kolam renang
    Pantai berpasir putih
    Jangkar Dampo Awang
    Anjungan
    Panggung hiburan
    Perahu wisata
    kios cinderamata
    Kolam buaya
    Permainan air (banana boat)

Kenapa disebut Dampo Awang ?

Nama Dampo Awang diambil dari nama sebuah jangkar raksasa yang terdapat di pantai ini. Konon ceritanya, dahulu Sam Phoo Khong pernah berlayar melintasi Laut Jawa untuk tujuan ekspedisi, namun kapal yang dikemudikannya diterjang gelombang laut yang ganas. Akibat dari badai ini rantai jangkar terlepas dan jangkarnya terdampar di Rembang. Sedangkan leyar kapal tertiup angin sampai jatuh di Pantai Bonang yang kemudian dikenal sebagai batu layar. Jangkar yang terdampar di Rembang ini konon tepat di pantai Dampo Awang saat ini sehingga pantai ini diberi nama Pantai Dampo Awang. Sedangkan Jangkar Dampo Awang sendiri saat ini dipajang di lokasi pantai dan dapat dilihat oleh para pengunjung.

Pantai Dampo Awang Rembang

Pantai Dampo Awang Rembang

Pantai Dampo Awang Rembang

Pantai Dampo Awang Rembang



Demikian tadi sedikit cerita tentang tempat wisata Pantai Dampo Awang di Rembang. Jika sedang melintasi Kota Rembang jangan sampai lupa untuk menyempatkan berkunjung ke tempat wisata ini dan tempat wisata di Kabupaten Rembang lainnya.