Selasa, 09 Mei 2023

12 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi, Tempat Wisata Terindah - Pernah berkunjung ke Kota Semarang ? Kota Semarang adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak di pesisir utara Pulau Jawa dan memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan internasional, terutama selama masa penjajahan Belanda di Indonesia. Saat ini, Semarang merupakan kota besar dengan berbagai macam tempat wisata dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Kota Semarang termasuk dalam salah satu kota besar di Indonesia. Kota Semarang terkenal dengan Simpang Limanya, dimana tempat ini sudah menjadi ikon Kota Semarang. Dalam dunia pendidikan Kota Semarang juga cukup diperhitungkan yaitu dengan keberadaan Universitas Diponegoro yang menjadi tujuan kuliah masyarakat di seluruh Indonesia.

Dalam dunia pariwisata sendiri Kota Semarang memiliki berbagai macam tempat wisata yang layak anda coba apabila sedang berkunjung ke Kota Semarang. Diantara Tempat wisata yang ada di Kota Semarang ini ada yag berupa wisata alam, wisata religi, wisata sejarah dan lainnya. Dalam pembahasan ini akan kami sampaikan 12 tempat wisata yang khusus berada di Kota Semarang. Sedangkan tempat wisata di Kabupaten Semarang kami bahas pada artikel tersendiri. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi.

12 Wisata Kota Semarang Jawa Tengah Unggulan

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu


Lawang Sewu


Wisata Semarang Lawang Sewu adalah Ikon Wisata di Kota Semarang yang sangat bersejarah. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan kuno ini memiliki pintu dan jendela yang sangat banyak, sehingga masyarakat menyebutnya dengan Lawang Sewu, meskipun faktanya pintu di Lawang Sewu jumlahnya tidak mencapai seribu buah. Bangunan Lawang Sewu sempat masuk dalam sebuah acara misteri di sebuah televisi nasional, sehingg hal itu menambah ketenaran dari tempat wisata lawang sewu. Bangunan Lawang Sewu sendiri sebenarnya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang selesai dibangun pada tahun 1907. Setelah Indonesia Merdeka, bangunan ini difungsikan pemerintah RI sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Bangunan ini sempat terlantar, namun kemudian berhasil dipugar dan saat ini menjadi museum yang dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia.
( Baca : Banyak Misteri di Lawang Sewu Semarang )

2. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)


Tempat wisata di Semarang ini tergolong unik, meskipun bangunan ini sebenarnya berupa masjid untuk ibadah, namun juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Hal itu karena di area ini pengunjung dapat melihat sebuah masjid yang megah dengan arsitektur yang sangat menawan. Luas area Masjid Agung Jawa Tengah adalah 10 hektar dimana luas bangunan inti yang berupa masjid adalah seluas 7669 meter persegi. Arsitektur masjid sendiri merupakan perpaduan antara gaya Jawa, dan Yunani. Jika anda berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah ini maka selain dapat beribadah, anda dapat mengunjungi Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang terdapat di Tower Asmaul Husna. Di tower ini juga terdapat resto di lantai 18 dimana dari dalam resto ini anda dapat melihat keindahan Kota Semarang dari atas. Jika menginginkan menginap, anda juga dapat menginap di Hotel Graha Agung yang letaknya masih dalam satu kawasan dengan Masjid Agung Jawa Tengah.

3. Water Blaster Bukit Candi Golf (Sudah Tutup)

Water Blaster Bukit Candi Golf


Destinasi wisata Water Blaster Bukit Candi Golf atau sering disebut dengan Water Blaster Semarang merupakan sebuah tempat wisata air yang banyak diminati untuk berwisata bersama keluarga. Di tempat ini menyediakan berbagai macam wahana permainan air yang tentunya sangat menyenangkan. Wahana permainan air yang terdapat di Water Blaster Semarang adalah sejumlah 8 unit. Salah satu wahana yang menjadi favorite disini adalah jalur meluncur sepanjang 230 meter dengan jalur memutar dan berkelok-kelok sehingga dapat memacu adrenalin. Tidak hanya permainan air saja yang disediakan di Water Blaster Semarang, namun juga tersedia flying fox dengan ketinggian 23 meter dan panjang 105 meter. Lokasi Water Blaster Semarang sendiri adalah di Jalan Bukit Candi Golf No. 1 Semarang.
Update : Pada saat artikel wisata semarang ini diupdate, Water Blaster sudah tutup

4. Kebun Binatang Mangkang / Semarang Zoo



Kebun Binatang Mangkang


Obyek wisata di Semarang yang satu ini juga menjadi salah satu unggulan pariwisata di Kota Semarang. Kebun Binatang Mangkang memilki berbagai macam nama, untuk nama resminya sendiri adalah Taman Marga Satwa Semarang, namun masyarakat lebih familiar dengan Kebun Binatang Semarang, Kebun Binatang Mangkang atau Bonbin Mangkang karena lokasinya di daerah Mangkang. Pada tahun 2014, Taman Marga Satwa Semarang tercatat memiliki 52 jenis satwa. Berwisata ke Kebun BInatang Mangkang ini menjadi salah satu alternatif wisata yang sangat baik karena kita dapat berekreasi sambil dapat memberikan edukasi kepada anak-anak kita tentang macam-macam binatang dan pentingnya menjaga kelestarian binatag-binatang tersebut.
Update : Saat ini Kebun Binatang Mangkang berubah nama menjadi Semarang Zoo. Untuk info selengkapnya tentang Semarang Zoo dapat dilihat pada artikel berikut : Menjelajahi Semarang Zoo Semarang

5. PRPP

PRPP


PRPP adalah singkatan dari Pekan Raya dan Promosi Pembangunan merupakan sebuah areal yang dibangun sebagai sarana untuk menunjukkan berbagai macam hasil pencapaian Pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Di lokasi PRPP ini juga terdapat Puri Maerokoco, dimana Puri Maerokoco ini merupakan salah satu wisata edukasi yang sangat bagus untuk anak-anak usia sekolah. Di Puri Maerokoco ini pengunjung dapat menyaksikan berbagai macam anjungan dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah. Tiap anjungan menampilkan kekhasan dari kabupaten masing-masing. Selain untuk rekreasi, PRPP juga dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan Event-event pameran baik skala daerah, nasional ataupun internasional, Acara penting perusahaan (perayaan), Resepsi Perkawinan dll.

6. Wonderia (Sudah tutup)

Wonderia


Wisata Semarang selanjutnya yang akan kita bahas adalah Taman rekreasi Wonderia Semarang. Wonderia Semarang menawarkan sebuah wisata keluarga dengan berbagai macam permainan yang sangat cocok untuk ana-anak, seperti Merry Go Round, Kiddy Boat, Super Rally, Boom Boom Car, Space Gyro, Ghost House, dan Typhoon Coaster dll. Pada saat musim liburan pastinya banyak keluarga dan rombongan yang mendatangi tempat ini karena selain harga tiketnya murah, juga permainan yang disediakan sangat menyenangkan. Apabila anda berminat untuk datang ke Wonderia Semarang ini, anda dapat datang ke alamat Taman Rekreasi Wonderia di Jalan Sriwijaya 29, Kota Semarang.
Update : Saat artikel ini di update, Wisata Wonderia Semarang sudah tutup

7. Pantai Maron

Pantai Maron


Kota Semarang merupakan salah satu kota yang terletak di tepi pantai Laut Jawa, yang menjadikan kota ini memiliki beberapa pantai yang dapat dimanfaatkan sebagai rekreasi bagi warga masyarakat sekitar. Salah satu pantai yang ada di Kota Semarang adalah Pantai Maron Pantai ini berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani. Untuk mencapainya anda harus ekstra hati-hati karena di jalan menuju lokas wisata ini masih berupa tanah yang dipadatkan dan bergelombang. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi pengunjung yang membawa mobil pribadi. Jadi saran kami apabila ingin berkunjung ke tempat ini mending menggunakan sepeda motor atau sepeda. Banyak dari warga Semarang yang pada hari libur bersepeda dan kemudian menikmati keindahan Pantai Maron di Kota Semarang ini.
(Baca : Wisata Pantai Maron Semarang yang Indah )

8. Pantai Marina

Pantai Marina


Wisata Pantai di Semarang lainnya adalah Pantai Marina. Kalau Pantai Maron berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani, Pantai Marina berdekatan dengan Kompleks PRPP. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat naik perahu mengelilingi area sekitar Pantai Marina serta dapat juga memancing ikan. Tempat WIsata Pantai Marina juga termasuk dalam salah satu alternatif wisata bagi warga Kota Semarang dan sekitarnya.


9. Kampung wisata Taman Lele

Kampung wisata Taman Lele


Destinasi wisata lainnya di Kota Semarang adalah Kampung WIsata Taman Lele. Taman Lele sebelumnya adalah kebun binatang yang awalnya terletak di Tegalwareng. Pada tahun 1985 kebun binatang ini dipindahkan di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Taman wisata Tinjomoyo dan Taman Lele yang sekarang. Kebun binatang yang di Tinjomoyo sendiri kemudian dipindah lagi ke Kebun Binatang Mangkang. Dinamakan Taman Lele karena pada zaman dahulu tempat tersebut terdapat sebuah pohon beringin yang sangat besar. Dibawah pohon ini terdapat mata air yang banyak ikan lelenya. Di lokasi Kampung Lele ini wisatawan dapat menikmati danau buatan yang dikelilingi dengan gazebo, kolam renang, kebun binatang mini dll.

10. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong


Wisata Semarang yang satu ini merupakan salah satu wisata yang unik yang ada di Kota Semarang yaitu Vihara Buddhagaya Watugong. Pada ddasarnya Vihara ini adalah tempat beribadah umat agama Budha. Namun selain untuk ibadah vihara ini juga dibka untuk masyarakat umum apabila berkenan melihatnya. Di Vihara ini terdapat Pagoda Avalokitesvara yang sudah jadi ikon Vihara ini. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang telah ditetapkan oleh MURI sebagai Pagoda tertinggi di Indonesia denagn tinggi 45 meter serta memiliki 7 tingkat. Di dalam pagoda terdapat beberapa patung seperti Patung Dewi Kwan Im, Patung sang Buddha dll.
(Baca : Kemegahan Pagoda Buddhagaya Watugong di Semarang )

11. Klenteng Sam poo kong

Klenteng Sam poo kong


Kelenteng Sam Po Kong atau juga dikenal dengan Gedung Batu merupaka tempat yang bersejarah. Di tempat ini dipercaya sebagai tempat pendaratan Laksamana terkenal dari China yaitu Laksamana Cheng Ho ketika mengunjungi Pulau Jawa pada tahun 1400 an. Peristiwa pendaratan Laksamana Cheng Ho ini selain diabadikan dalam bentuk Klenteng Sam Poo Kong juga diadakan sebuah perayaan yang diadakan dengan mengadakan arak-arakan yang dimulai di Kuil Tay Kak Sie di Gan Lombok kemudian dilanjutkan mengarak Patung Sam Poo Kong ke Gedong Batu.

12. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang


Tempat wisata di Kota Semarang terakhir yang akan kita bahas disini adalah Kota Lama Semarang. Di kawasan ini banyak sekali terdapat berbagai macam bangunan kuno peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda. Keberadaan Kota Lama ini menunjukkan bahwa Kota Semarang sejak dulu sudah menjadi sentra perekonomian dan pusat pemerintahan. Beberapa bangunan kuo yang sampai sekarang masih berdiri kokoh adalah Bank Mandiri, Asuransi Jiwa Sraya, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, Gereja Blenduk dan Polder Air tawang. Untuk lebih menambah sensasi menikmati eksotisme Kota Lama Semarang ini, sekarang sudah tersedia Bus pariwisata yang siap mengantarkan anda berkeliling menikmati Kota Lama Semarang. Bus Pariwisata ini diberi nama Semarjawi, yang merupakan singkatan dari Semarang Jalan-jalan Wisata. Bus ini di operasikan sejak tanggal 28 Oktober 2014 oleh PT Telekomunikasi Selular dan telah diresmikan oleh Bapak Walikota Semarang Hendrar Prihadi.
(Baca : Kota Lama Semarang dengan Bangunan Kuno yang Unik )

Demikian tadi penjelasan singkat tentang tempat wisata yang ada di Kota Semarang. Kota Semarang yang memiliki sejarah yang panjang sangat layak untuk anda jadikan sebagai destinasi wisata anda bersama keluarga pada saat liburan tiba. Di tempat ini akan anda temui banyak sekali bangunan-bangunan yang sangat bersejarah yang memiliki nilai historis dan eksotisme yang sangat tinggi. Oh ya selain berkeliling di Kota Semarang anda dapat juga berkeliling berwisata ke Tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang.
(Baca : 12 Tempat Wisata Pilihan di Jawa Tengah )