Selasa, 20 Oktober 2015

Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey yang Tak Boleh Terlewatkan

Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey, Tempat Wisata Terindah -  Siapa sih yang tak suka berwisata ke alam, menikmati udara sejuk dari balik pepohonan tinggi nan rindang, hembusan angin menyejukkan, dan rasa nyaman yang akan kental jika kita berada di sana. Nah, salah satunya ada di Kampung Cai Ranca Upas yang merupakan kampung yang dihuni di tengah-tengah hutan. Di atas tanah seluas 215 hektar ini memberikan kesejukkan udara yang menyegarkan karena tempat wisata yang ada di Desa Alam Endah tepatnya di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11 ini berada di ketinggian 1700 mdpl. Tahukah Anda jika kampung Cai itu merupakan dari bahasa Sunda yang bermakna Desa Air. Jadi tak sedikit orang menyebut tempat ini dengan sebutan Desa Air Ranca Upas. Benar-benar nuansa alam yang sangat terjaga, ini bisa dibuktikan dengan adanya hutan lindung yang ditumbuhi banyak pepohonan yang jarang kita ketahui dan di sanalah beberapa satwa tinggal.
Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey

Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey

Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey

Penangkaran Rusa Jawa di Ranca Upas

Bagi pecinta alam pasti sudah tak asing lagi dengan tempat ini, karena tempat ini merupakan bumi perkemahan yang dilengkapi dengan aktiviats seru outdoor, war games, ATV, dan kolam renang air hangat. Nah bagi Anda yang mengajak putra-putri Anda kemari, maka tak ada salahnya jika Anda melihat secara langsung pola tingkah rusa yang lucu di balai konservasi penangkaran Rusa Jawa (Cervus Timorensis) yang tetap dipelihara dan dirawat sesuai dengan habitatnya di alam bebas seluas 5 hektar. Anda akan belajar untuk memberi makan sayuran dan wortel yang sudah disediakan untuk para rusa. Tahukah Anda jika Rusa Jawa ini sangat cantik dengan warna coklat kemerahan pada tubuhnya dan warna yang lebih terang pada leher dan kakinya. Pada awalnya hanya ada 11 rusa saja dimana 5 diantaranya betina, namun seiring berjalannya waktu maka rusa-rusa ini telah berkembang biak secara produktif menambah populasi rusa di sini. Tempat penangkaran ini berdekatan dengan Outbond Tegal Kawani yang akan memberikan fasilitas bagi pengunjung untuk berkemah di alam terbuka.

Aktivitas seru lainnya di Ranca Upas

Meskipun di sekitar area perkemahan Tempat Wisata Ranca Upas sudah ada warung-warung menjual makanan, alangkah lebih menarik jika kita membawa makanan itu sendiri dan menyantapnya bersama teman-teman lainnya. Tak hanya makanan saja yang dijual di ssini, namun beragam pendukung kegiatan perkemahan juga tersedia mulai dari kayu bakar, camilan, serta penyewaan tenda, sleeping bed, dan perlengkapan lainnya dapat disewa dengan harga terjangkau. Saat pagi tiba Anda dapat mengunjungi danau dengan menggunakan kano yang pasti akan seru bila dilakukan bersama teman-teman. Jika dirasa kurang, maka Anda bisa melakukan trekking, paint ball, atau bersepeda santai. Bagi yang merasa lelah, maka sebaiknya berenang atau hanya sekedar berendam di kolam renang air panas yang pastinya akan membuat badan Anda menjadi rileks.

Oleh-Oleh dari Ciwidey

Sudah tak asing lagi kan dengan dodol? Nah Anda dapat berbelanja oleh-oleh khas Ciwidey berupa dodol strawberry yang jelas kelezatannya, gizinya, dan terhindar dari bahan kimia berbahaya. Mengingat Ciwidey mempunyai kebun strawberry, alhasil penduduk setempat membuat olahan berbahan buah strawberry berupa dodol yang pastinya sangat pas dibawa kembali ke kota asal.

Hotel di Sekitar Ciwidey

Bagi Anda yang datang bersama rombongan keluarga atau pasangan baru, Anda dapat menginap di penginapan yang sudah tersedia di sini. Anda dapat memilihnya dan melakukan pemesanan kamar melalui Agoda.

Rute Menuju Ranca Upas Ciwidey

Tempat Wisata Ranca Upas Ciwidey ini berada di jarak 50 km dari selatan kota Bandung dengan perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jalur yang dilalui melewati Jalan selatan Bandung-Soreang-Ciwidey. Sekitar 6 km atau selama 10 menit jika Anda baru mampir ke Situ Patenggang dan Kawah Putih. Untuk yang tidak membawa kendaraan pribadi, maka Anda dapat memanfaatkan kendaraan umum  di terminal bus Leuwipanjang dengan rute ke Ciwidey dan dilanjutkan dengan angkot menuju ke Ranca Upas.

Demikian tadi adalah informasi tentang Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey yang Tak Boleh Terlewatkan. Memang saat ini wisata alam menjadi salah satu tempat wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan karena dapat dijasikan sebagai pelepas lelah dan penat karena tekanan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.
Baca Juga Artikel Berikut :
12 Tempat Wisata di Jawa Barat Paling Diminati
Beberapa Tempat Wisata Di Ciwidey