Kamis, 08 Juni 2023

5 Tempat Wisata Menarik di Baturaden Purwokerto Yang sedang Hits

Tempat Wisata Baturaden Yang Menarik Dikunjungi di Banyumas, Tempat Wisata Terindah - Banyak sekali tujuan wisata di di sekitar Jawa Tengah yang selalu diserbu oleh para wisatawan terutama saat liburan tiba. Beberapa Kota yang menjadi tempat favorit misalnya Semarang, Magelang, Solo dll. Selain kota-kota tersebut, ternyata Jawa Tengah juga memiliki lokasi wisata lain yang tidak kalah menarik untuk didatangi. Tempat tersebut yaitu Baturaden yang merupakan sebuah resort wisata yang menyuguhkan mini-train, panorama air terjun, kolam renang, dan perahu dayung. Nama Baturaden sendiri diambil dari sebuah legenda mengenai sepasang kekasih yang nasibnya sial, seorang laki-laki pelayan (Batur) dan seorang perempuan bangsawan (Raden). Berdasarkan cerita diatas maka tempat wisata ini dinamakan Baturraden. Namun banyak pengunjung yang lebih mengenal dengan nama Baturaden. Dalam artikel ini akan kami bahas beberapa informasi tentang tempat wisata Baturaden yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat Wisata Baturaden



Tempat Wisata Baturaden


Lokasi Wisata Baturaden

Lokasi wisata Baturaden berada di sebelah selatan lereng gunung Slamet dan sekitar 14 km dari utara kota Purwokerto. Tepatnya ada di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dan kurang lebih 640 meter di atas permukaan laut dan 6 km dari puncak Gunung Slamet. Alamat lengkap Lokawisata Baturaden adalah di Jl. Raya Baturaden No.174, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Akses Menuju Wisata Baturaden

Lokasi wisata Baturaden bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi atau bisa dengan transportasi umum. Anda yang berkunjung menggunakan transportasi umum, maka bisa naik angkutan kota (angkot) jurusan Baturaden dari terminal Purwokerto. Kemudian, Anda akan sampai dan turun di terminal lokawisata Baturaden.
Apabila Anda ingin lebih praktis dan bebas, maka bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau menyewa mobil. Jarak tempuhnya kurang lebih 15 km dari pusat kota Purwokerto dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit bila jalanan tidak sedang padat. Pengunjung disarankan untuk waspada dan berhati-hati bila memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena banyak jalanan yang menanjak dengan tingkat kemiringan sekitar 30 derajat.

Tiket Masuk Wisata Baturaden

Harga Tiket Masuk wisata Baturaden Purwokerto terbaru adalah Rp. 20.000 pada hari weekdays, sedangkan untuk weekend menjadi 25.000 rupiah. . Sedangkan untuk masuk ke dalam theater alam maka anda harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000 serta untuk masuk ke Pancuran Telu sebesar Rp. 13.000.

Lokasi menarik di Baturaden

Letaknya di lereng Gunung Slamet membuat Obyek Wisata Baturaden berhawa sejuk. Tidak heran bila pada hari libur atau weeked, tempat ini banyak didatangi pengunjung. Pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas seperti hotel, penginapan, dan termasuk camping ground. Lokasi menarik yang tidak boleh terlewatkan ketika berada di Baturaden, diantaranya yaitu :

1.    Kaloka Widya Mandala

Kaloka Widya Mandala


Kaloka Widya Mandala merupakan kebun binatang yang sekaligus digunakan sebagai tempat wisata edukasi. Tempat wisata ini diresmikan oleh Bupati Banyumas yaitu H. Djoko Sudantoko pada tanggal  tanggal 17 mei 1995.
Di Spot wisata Kaloka Widya Mandala, Anda akan menjumpai berbagai macam spesies binatang yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa spesies hewan yang ada dalam taman ini, diantaranya yaitu orang utan, elang, ayam kate, ayam mutiara, rusa, beruk, buaya, kaswari, sapi kaki lima, ular, kambing kaki tiga, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, gajah, monyet, dan satwa langka yang lainnya.

2.    Teater Alam Baturaden

Teater Alam Baturaden


Teater Alam Baturaden menjadi salah satu lokasi wisata yang paling menarik, karena teater ini merupakan sebuah bioskop yang berbentuk pesawat. Pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia tersebut berdiri di atas tanah seluas 600 meter, tepatnya berada di samping pintu masuk lokawisata ini.

Keunikan bioskop ini tidak menayangkan film Hollywood atau film layar lebar lainnya, melainkan hanya memutar film tentang alam dan budaya tanah air Indonesia seperti film cerita budaya TMII, tragedi tsunami, atau peristiwa Gunung Merapi. Durasi film yang diputar di teater ini kurang lebih 10 sampai 15 menit.

Teater alam ini ditujukan untuk pengunjung, khususnya yang belum pernah naik pesawat sehingga dapat merasakan sensasi naik sebuah pesawat terbang sambil menikmati tontonan film di layar yang telah disediakan. Anda hanya dikenakan tarif 10.000 rupiah saja untuk bisa masuk ke teater ini.

3.    Bumi Perkemahan

Bumi Perkemahan Baturaden


Di Kawasan Wisata Baturaden juga terdapat camping ground atau bumi perkemahan yang biasanya sering dipakai sebagai tempat untuk outbond. Tempat ini cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan berkemah. Pada tahun 2001, camping ground ini pernah menjadi lokasi diadakannya Jambore Nasional Gerakan Pramuka.




4.    Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden


Tempat wisata ini merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini dipercaya bisa membantu dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit. Suhu air di kedua pemandian air panas ini berkisar antara 60 sampai 70 derajat Celcius.
Kedua pancuran ini menjadi lokasi wisata favorit dan paling terkenal di Baturaden. Anda bisa berendam di air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau. Selain itu, Anda bisa juga mencoba pijat sulfur dengan membayar 10.000 rupiah tiap 15 menit.

5.    Telaga Sunyi

Telaga Sunyi


Lokasi Telaga Sunyi ini berada di pusat lokawisata Baturaden. Telaga sunyi ini merupakan sebuah mata air yang sangat jernih. Air di telaga ini sangat dingin dan segar. Sayangnya, Anda yang berkunjung ke telaga ini dilarang untuk berenang ataupun mandi. Larangan tersebut diberlakukan dengan tujuan untuk menjaga keselamatan para wisatawan yang berkunjung.

Demikian tadi Informasi Tempat Wisata Baturaden Yang Menarik Dikunjungi di Banyumas. Semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian.