Sabtu, 15 Oktober 2016

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri, Tempat Wisata Terindah - Mungkin beberapa dari Anda banyak yang sudah mendengar tentang candi Prambanan dan candi Borobudur. Lantas, bagaimanakah dengan candi Ijo yang satu ini? Sudahkah Anda mengunjunginya? Di tempat inilah Anda bisa melihat ketinggian candi yang cukup tinggi, yaitu terletak pada 375 meter dari atas permukaan air laut. Sehingga, candi ini merupakan candi yang paling tinggi yang ada di Yogyakarta. Bisa Anda bayangkan sendiri betapa indahnya panorama perbukitan yang ada di tempat ini. Sudah pasti Anda akan melihat keindahan panorama yang tak tergantikan.

 Wisata Candi Ijo Sleman Yogyakarta


Lokasi Candi Ijo Sleman Yogyakarta


Candi ini terletak di Dusun Groyokan Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten  Sleman. Lokasi Candi Ijo ini berdekatan dengan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Bila Anda menyukai wisata sejarah maka Anda bisa berkunjung ke tempat ini.

Candi Ijo Yogyakarta

Senja di Candi Ijo Yogyakarta

Sejarah Candi Ijo Sleman Yogyakarta


Tempat wisata Sleman ini disebut dengan Candi Ijo, karena candi ini dulu dibangun dari abad ke 9, dimana saat itu candi ini telah dibangun tepat di bukit yang dikenal juga dengan sebutan Gumuk Ijo atau bukit Hijau. Selain itu, sebutan dari nama desa yang bernama Ijo tersebut pada dasarnya pertama kalinya disebutkan ke dalam sebuah prasati Poh yang sudah ada dari tahun 906 Masehi silam. Dalam prasasti itulah tertulis tentang seorang hadirin upacara yang asalnya dari desa Wuang Hijau.

Bila memang benar seperti itu, maka artinya sebenarnya nama Ijo ini sudah berusia hampir 1100 tahun dari tahun 2006 silam. Untuk tempatnya, candi ini berbentuk teras – teras yang makin meninggi di bagian belakang, yaitu di bagian timur dan belakang pada pusat percandian tersebut.

Kutukan dan Misteri di Candi Ijo Sleman Yogyakarta


Untuk pecinta wisata sejarah, maka candi inipun lengkap dengan rahasia misterinya yang ada dalam prasastinya. Prasasti yang dimaksudkan tersebut berada di bagian teras ke 9, dimana dalam prasasti tersebut bertuliskan Bhuyutan atau Guywann yang artinya tempat pertapaan. Bahkan pada prasasti yang lain dari batu berukuran 14 cm dengan tebal 9 cm tersebut juga tertulis beberapa mantra yang isinya kutukan sebanyak 16 kali, “om sarww – awinasa, sarwwawinasa”.

Akses Menuju ke Candi Ijo Yogyakarta


Untuk bisa menikmati dan menuju ke candi ini, maka Anda perlu tenaga ekstra untuk bisa mencapainya. Dimana untuk lebih mudahnya, Anda bisa melewati jalan Soto ke pasar Prambanan yang letaknya di sebrang kompleks area candi Prambanan. Setelah sampai di pasar tersebut, maka Anda tinggal berangkat ke arah tenggara sekitar 7 km sampai menemukan penunjuk arah yang kecil untuk bisa sampai ke candi ini, yaitu di desa wisata Nawung yang terletak di kiri jalan.
Anda membutuhkan waktu sekita 1,5 jam untuk bisa sampai ke tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi Anda, entah itu untuk motor ataupun dengan mobil.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo Yogyakarta


Untuk harga tiketnya cukup terjangkau. Hanya dengan mendaftarkan diri ke tempat daftar hadir tamu di bagian pos satpam dan membayar parkirnya saja sebesar 2 ribu rupiah untuk motor, dan 3 ribu rupiah untuk mobil, Anda sudah bisa berkunjung ke wisata ini secara gratis.

Itulah beberapa keindahan dan fasilitas yang bisa Anda dapat bila Anda berkunjung ke Candi Ijo. Cukup dengan mengetahui informasi inilah, semoga bisa menjadikan Anda bisa lebih bergegas untuk mengunjungi wisata budaya yang satu ini. Karena, dibandingkan yang lain, candi inilah yang paling eksotis yang pernah ada. Karena candi ini merupakan candi yang paling tinggi di Indonesia. Sehingga, Anda wajib mengunjunginya.