Selasa, 15 November 2016

Wisata Pulau Menjangan Bali Untuk Snorkeling dan Diving Bersama Keluarga

Wisata Pulau Menjangan Bali Untuk Snorkeling dan Diving Bersama Keluarga, Tempat Wisata Terindah - Pulau kecil namun kaya akan budaya yang masih terjaga, adat istiadat yang sangat kental, tradisi-tradisi yang tetap ada meski pengaruh global terus melaju. Pesona Bali tak kan kita temui di pulau manapun. Keindahan dan keeksotisan hasil karya Tuhan yang terlukis indah di pesona wisata alam Bali membuat Bali adalah tempat tujuan utama bagi para wisatawan asing maupun wisatawan lokal menikmati liburan yang memuaskan. Bali yang identik dengan tempat sembahyang yang selalu ada di setiap rumah punya beragam jenis pantai eksotis dengan beragam juga keistimewaan. Olahraga air yang dapat kita temui di pantai antara lain snorkeling, banana boat, surfing, diving, dan masih banyak yang lainnya. Namun, ada salah satu pantai di Bali yang sangat jadi primadona bagi wisatawan yang punya hobi diving yaitu Pulau Menjangan. 

Tempat Wisata Pulau Menjangan Bali Yang Indah

Wisata Pulau Menjangan Bali

Wisata Pulau Menjangan Bali

Letak Pulau Menjangan Bali

Bagi yang ingin berkunjung ke sana, Anda dapat pergi menuju ke Desa Klampok Kecamatan Grokgak Kabupaten Buleleng sekitar 4 jam dari Denpasar. Pulau Menjangan ini termasuk dalam wilayah Provinsi Bali bagian barat sehingga dapat diakses melalui Denpasar maupun Surabaya. Dari Denpasar disarankan agar anda untuk menyewa sopir karena perjalanan yang cukup jauh dan pastinya akan melelahkan, jangan sampai kelelahan Anda membuat totalitas menikmati keindahan tempat wisata Pulau Menjangan menjadi berkurang.

Cara ke Pulau Menjangan Bali

Seperti disampaikan diatas bahwa untuk ke tempat wisata Pulau Menjangan dapat diakses melalui Denpasar maupun Surabaya. Yang perlu anda lakukan adalah menuju Pelabuhan Gilimanuk di Pulau Bali. Dari Gilimanuk, Anda harus menyeberang selama 30 – 45 menit dengan kapal motor yang akan ditemani keindahan gunung api Jawa Timur yang gagah dan birunya air laut untuk menuju Pelabuhan Menjangan.

Harga Paket Diving Pulau Menjangan Bali

Berbagai paket diving  yang terdiri dari sewa kapal boat+guide+asuransi+sewa+peralatan snorkelling akan sangat membantu. Biaya yang akan dikeluarkan hanya sebesar Rp 400.000,00 – Rp 600.000,00 per hari dan harga untuk ditemani pemandu sebesar Rp 100.000,00 per kelompok. Di Pelabuhan Lalang beberapa resort berlomba-lomba menyajikan fasilitas dan servis memuaskan namun dari beberapa resort The Menjangan Resort menjadi resort yang paling lengkap.

Keindahan Pulau Menjangan Bali

Air jernih kebiruan yang menyegarkan siapapun yang melihatnya menjadi poin plus dimana kita dapat menikmati biota laut yang sempurna. Kawanan rusa liar berenang menuju pulau ini dengan jarak 1,2 mil setiap musim semi. Namun, sekarang jumlah rusa yang ada semakin menurun, sehingga pemerintah Bali menjadikan Taman Nasional Bali Barat sebagai tempat konservasi Rusa yang hampir punah. Itu sebabnya mengapa pulau ini disebut Pulau Menjangan, karena Menjangan dari bahasa Jawanya itu berarti Rusa. Kegiatan menyelam pada kedalaman 20 – 30 meter dengan mengikuti lajur tebing di bawah laut adalah olahraga air yang menjadi favorit bagi pengunjung yang disebut Wall-diving. Dengan kondisi perairan yang cukup tenang pada cuaca tertentu, Anda akan disuguhkan dengan ikan yang banyak ditemukan di sini yaitu gorgonial fanfish dan terumbu karang dimulai dari kedalaman 10 – 50 meter. Dikedalaman 60 meter tertata rapi formasi batuan karang yang membentuk gua kecil sampai berukuran besar yang berfungsi sebagai habitat temburu karang lunak, kerapu besar, belut moray, kakap kecil, dan batfish. Yang akan menambah kita takjub adalah di dasar laut, kita akan menemukan barrel sponges, sea fans, tuna, jackfish yang bergerombol, batfish, angelfish, penyu laut, hingga hiu.

Spot Terkenal Untuk Diving Pulau Menjangan Bali

1.    Eel Gardens yang ada di barat Pulau Menjangan merupakan spot terbaik yang ada. Kumpulan garden eel dan sea fans banyak kita temui dan kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang menjadi permulaan, banyak gorgonia dan biota laut yang akan menyambut kedatangan kita.
2.    Secret Bay yang harus dicoba karena pecinta macro diving sangat menyukai spot ini dengan perairan dangkalnya dan pasir berlumpur di dasar laut. Cukup dengan kedalaman 10 meter nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan masih banyak lagi yang akan menyambut kedatangan kita tentunya dengan waktu penyelaman yang tepat dimana gelombang tinggi dan sirkulasi bulan berada pada posisi yang tepat. Gunakan wetsuit sebagai pakaian selam Anda, karena kondisi air yang sangat dingin di sini.
3.    Anchor Wreck
Untuk para penyelam pemula tidak dianjurkan menjadikan spot ini sebagai spot pertama diving Anda, karena spot ini hanya diperuntukkan untuk penyelam profesional. Kedalaman 45 meter akan tersaji bangkai kapal yang berkarat lengkap dengan jangkarnya. Konon, kapal ini merupakan kapal laut milik Negara Belanda yang telah tenggelam di abad ke-19 ketika Perang Dunia II. Di kapal Anker atau Kapal Budak ini kalian akan menemukan beberapa perabot keramik yang ditumbuhi karang lunak dan penyu bahkan hiu yang sedang berenang di kapal yang menjadi pengangkutan budak Bali menuju Jakarta

Tips Wisata ke Pulau Menjangan Bali

Berkunjunglah ke tempat wsiata Pulau Menjangan Bali di bulan April sampai November dan bawalah bekal makanan, obat, sunblock serta baju ganti karena pulau ini pulau tak berpenghuni. Siapkan seluruh peralatan yang menunjang Anda dalam melakukan snorkelling atau diving agar keselamatan dapat terjaga. Menginaplah paling tidak semalam karena jika Anda kembali ke Denpasar, Anda harus menempuh waktu yang lama yaitu 7 jam. Ingatlah! Penikmat alam juga wajib jika saling menjaga kebersihan alam yang telah dikunjungi, karena masih banyak penikmat lainnya yang juga ingin menikmatinya. Dengan kata lain, selalu jangan menjadikan sampah sebagai bukti peninggalan bahwa Anda pernah mengunjungi tempat itu.

Demikian tadi informasi tentang Wisata Pulau Menjangan Bali Untuk Snorkeling dan Diving Bersama Keluarga. Anda dapat mengajak berwisata ke Pulau Menjangan bersama kaluarga, kerabat, maupun rekan kerja anda.