Kamis, 13 Juli 2023

25 Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah Paling Bagus

25 Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah Paling Bagus , Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Cilacap adalah salah satu Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini juga bersentuhan langsung dengan Samudera Hindia. Kabupaten Cilacap memiliki batas-batas sebagai berikut : Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Banyumas. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Ada hal yang menarik dari Kabupaten Cilacap ini yaitu adanya Pulau Nusakambangan yang sudah sejak zaman Penjajahan dahulu sudah difungsikan secara khusus sebagai penjara atau saat ini disebut Lembaga Pemasyarakatan. Seiring berjalannya waktu Pulau Nusakambangan mulai dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi.

25 Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah Paling Menarik


Dalam artikel ini kami akan bahas tentang 25 Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah Paling Bagus. Semoga dengan tulisan ini dapat menambah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Cilacap dan akhirnya dapat meningkatkan perekonomian warga masyarakat Cilacap jawa Tengah. Berikut adalah 25 Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah Paling Bagus.

1. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan



Pulau Nusakambangan memang dikenal sebagai Pulau Penjara. Disini banyak terdapat narapidana "kelas berat" seperti terorisme, narkoba dll. Sebagai sebuah pulau, Nusakambangan tentunya memiliki bibir pantai yang terdapat didalamnya. Dan ternyata Pantai yang ada di Pulau Nusakambangan ini sangatlah indah sehingga mendorong orang laur untuk berwisata di sana. untuk Pergi Ke Pulau Nusa Kambangan dapat dilakuakan dengan menyeberangi laut lewat Pelabuhan Sodong. Dengan Kapal itu pula anda dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Pulau  Nusakambangan seperti Pantai Permisan, pantai Karang Pandan, Benteng Karang Bolong, Goa Ratu, dll.

2. Benteng Pendem

Benteng Pendem



Wisata Cilacap yang ini termasuk dalam wisata Sejarah yaitu benteng Pendem. Benteng Pendem merupakan benteng peninggalan zaman Penjajahan Belanda yang terdapat di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap Jawa Tengah. Jika anda berkunjung ke benteng ini maka anda dapat melihat kokohnya bangunan benteng peninggalan Belanda ini serta dapat melihat beberapa ruang yang dahulu difungsikan sebagai ruang rapat, benteng penguntai, gudang senjata, guang mesiu, penjara, ruang perwira dll.

3. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung



Seperti yang kami jelaskan di awal bahwa Kabupaten Cilacap memiliki wilayah yang berbatasan dengan Samudera Hindia, maka otomatis ada beberapa pantai yang terdapat di Cilacap ini. Salah satu Pantai yang dijadikan Destinasi wisata di Cilacap adalah Pantai Widarapayung. Pantai ini berdekatan dengan Pulau Nusakambangan sehingga dari sini anda juga dapat sekalian menyeberang berkunjung ke Nusakambangan.

4. Curug Mandala

Curug Mandala



Wisata alam lainnya yang ada di Cilacap adalah Curug Mandala. Curug yang masih tersembunyi di Cilacap ini bisa dikatakan unik karena konon kabarnya terbentuk dari letusan bom oleh tentara Belanda pada masa penjajahan.

5. Wisata Gunung Selok

Wisata Gunung Selok



Wisata yang berada di perbukitan memang memberikan kesan tersendiri. Salah satu wisata alam yang terdapat di perbukitan Cilacap adalah Wisata Gunung Selok. Disini anda dapat berfoto ria di atas sebuah bukit dengan bacground pemandangan berupa laut selatan dan juga pepohonan. Lokasi dari Wisata Gunung Selok sendiri adalah di Desa karangbenda, Kecamatan Adipala Cilacap jawa Tengah.

6. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu



Satu  lagi wisata pantai di Kabupaten CIlacap yaitu Pantai Cemara Sewu. Pantai Cemara Sewu memiliki pemandangan yang indah berupa birunya lautan serta bibir pantai yang ditumbuhi pohon cemara. Lokasi dari Pantai Cemara Sewu sendiri adalah di Desa Jetis, Nusawangi Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

7. Wisata Hutan Payau

Wisata Hutan Payau



Wisata Hutan Payau merupakan hutan mangrove yang difungsikan sebagai pelindung pantai dari abrasi yang terdapat di Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Tempat wisata di Cilacap Hutan Mangrove ini juga sebagai tempat ekosistem beberapa hewan laut seperti Ikan Gelodok, Uca, Udang Pistol dll.

8. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu



Kabupaten Cilacap memiliki deretan pantai yang indah. Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Cilacap adalah Pantai Teluk Penyu. Selain menikmati deburan ombak yang keras, anda juga dapat berkeliling ke seputar pantai menggunakan kapal yang banyak disewakan di Pantai Teluk Penyu Cilacap ini.

9. Pantai Jetis Nusawungu

Pantai Jetis Nusawungu



Satu lagi wisata Pantai yang ada di Cilacap yaitu Pantai Jetis Nusawungu. Pantai Jetis Nusawungu menawarkan pemandangan alam berupa pantai dengan pasir yang berwarna hitam. Pantai Jetis beralamatkan di desa Jetis, Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.

10. Pemandian Air Panas Cipari

Pemandian Air Panas Cipari



Di Kabupaten Cilacap juga terdapat sebuah pemandian air panas yaitu Pemandian Air Panas Cipari. Pemandian air panas ini juga berasal dari sumber alami dan mengandung belerang. Banyak yang mandi di pemandian ini agar mendapat kesehatan.

11. Museum Soesilo Soedarman

Museum Soesilo Soedarman



Museum Soesilo Soedarman merupakan salah satu wisata edukasi yang patut dikunjungi di Kabupaten Cilacap. Museum Soesilo Soedarman merupakan museum yang menyimpan peninggalan dari Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman. Jenderal Soesilo Soedarman sendiri merupakan seorang Jenderal TNI dan juga sempat mengabdikan diri menjadi Menteri di era kepemimpinan Presiden Soeharto.Lokasi dari Museum Soesilo Soedarman adalah di Gentasari, Kroya, Cilacap.

12. Waterpark Tirta Mas

Waterpark Tirta Mas



Hampir di setiap wilayah memiliki wisata air atau sering disebut waterboom. Di Kabupaten CIlacap sendiri juga terdapat sebuah wisata air yang bernama Waterpark Tirta Mas. Waterpark Tirta Mas menawarkan hiburan air berupa kolam renang dan juga beberapa permainanan air. Waterpark Tirta Mas sendiri terdapat di Jalan Rinjani, Sidanegara, Cilacap.

13. Banyu Pratama

Banyu Pratama



Selain Waterpark Tirta Mas, di Cilacap juga terdapat wisata air lainnya yaitu Banyu Pratama. Lokasi dari banyu Pratama adalah di Jalan Sampang Sikampuh, Sidasari, Sampang Kab Cilacap.

14. Kampung Laut

Kampung Laut



Ada satu bentang alam yang sangat khas yang terdapat di Kabupaten Cilacap, yaitu sebuah laguna yang sering dikenal dengan nama Segara Anakan. Disana terdapat sebuah pemukiman yang kemudian diberi nama Kampung Laut. Berkunjung kesini anda akan disuguhi dengan suasana perkampungan dengan nuansa perairan.

Selain tempat wisata diatas, di Kabupaten Cilacap juga terdapat tempat wisat lainnya, berikut adalah tempat wisat yang tak kalah indah yang terdapat di Kabupaten Cilacap.

Curug Cimandaway

Curug Cimandaway


Wisata Cilacap Curug Cimandaway merupakan curug yang berada di wilayah hutan Perhutani dan beralamat di Desa Serang, Datar, Dayeuluhur Kab Cilacap.

Pantai Sodong

Pantai Sodong


Wisata di Cilacap Pantai Sodong berada di Karangbenda, Adipala Cilacap

Pantai Ketapang Indah

Pantai Ketapang Indah


Wisata Cilacap Pantai Ketapang Indah adalah pantai yang berada di Jalan Pagubugan, Pantai Ketapang, Sidaurip, Binangun, Kab. Cilacap.

Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana


Pantai Kali Kencana terdapat di Sidanegara, Cilacap, Jawa Tengah

Waduk Koebangkangkung

Waduk Koebangkangkung


Wisata Waduk Koebangkangkung beralamat di Kuabangkangkung, Kawunganten Kab. Cilacap. Waduk Koebangkangkung terletak di tengah perkebunan karet sehingga pemandangan disini sangat indah dan sejuk.

Bumi Perkemahan Jambusari

Bumi Perkemahan Jambusari


Bumi Perkemahan Jambusari memiliki pemandangan alam yang indah khas pegunungan. Bumi Perkemahan Jambusari terletak di Jl Cilacap Wangon, Jeruklegi, Jambusari, Cilacap

Kemit Forest Karanggedang

Kemit Forest Karanggedang


Tempat Wisata di Cilacap Kemit Forest karanggedang terletak di Karanggedang Sidareja Cilacap

Air Terjun Citepus

Air Terjun Citepus


Wisata Cilacap Air Terjun Citepus terdapat di Jalan karang Jati, Jeruklegi, Citepus, Cilacap jawa Tengah.

Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang


Obyek Wisata di Cilacap Hutan Pinus Karanggedang ini terdapat di Jalan Pisang Karanggedang, Sidareja, Cilacap.

Desa Matenggeng

Desa Matenggeng


Wisata Desa Matenggeng terletak di Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur Kab. Cilacap.

Masjid Batu Taman Hati

Wisata Religi Masjid Batu terdapat di Jalan Nusantara Kelurahan Tritih Kulon
Masjid Batu Taman Hati



Baca juga :
30 Tempat Wisata Banyumas Pilihan
27 Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

Demikian tadi adalah info tentang 25 Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah Paling Bagus. Jika ada tempat wisata baru yang ada di Cilacap yang belum kami tulis anda dapat menuliskannya dalam kolom komentar di bawah. Sebisa mungkin kami akan mengupdate nya agar lebih lengkap lagi.