Senin, 02 Februari 2015

Museum Gula Klaten dan Wisata Agro Gondang Winangoen

Museum Gula Klaten dan Wisata Agro Gondang Winangoen, Tempat Wisata Terindah - Museum Gula Klaten atau sering disebut pula Museum Gula Jawa Tengah merupakan sebuah museum yang terdapat di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru. Pabrik Gula ini saat ini dikelola oleh Perseroan Terbatas (PT) Perkebunan Nusantara atau lebih familiar disebut PTPN IX wilayah jawa Tengah. Sampai saat ini pabrik gula ini masih beroperasi dan menghasilkan gula pasir setiap tahunnya. Perlu diketahui juga bahwa pabrik gula yang ada ini masih terhitung peninggalan penjajah Belanda, sehingga berbagai bangunan yang ada di kompleks itu merupakan bangunan dengan arsitektur lama. Oh ya, karena bangunannya yang sudah tua ini, menjadikan Kompleks pabrik Gula Gondang dijadikan lokasi syuting Film Soekarno garapan Sutradara handal Hanung Bramantyo. Kompleks Pabrik Gula dan Museum Gula Gondang Winangoen ini berada di Desa Gondang, Plawikan, Jogonalan, Klaten Jawa Tengah. ( Baca : Wisata Terindah di Jawa Tengah )

Museum Gula bisa dikatakan museum yang unik karena memang tidak ada duanya. Di museum Gula Gondang ini disajikan peta perkebunan gula yang ada di Jawa Tengah lengkap dengan pabrik gula yang masih beroperasi ataupun yang sudah mati. Selain itu juga terdapat berbagai macam peralatan dari yang sederhana seperti sabit, pacul dll serta berbagai peralatan mesin yang digunakan dalam budidaya tebu dan pengolahannya menjadi gula. Di museum ini pengunjung juga dapat belajar bagaimana proses budidaya tebu yang dilakukan pada zaman dahulu sampai zaman sekarang.

Gambar Tempat Wisata Gondang Winangoen

Tempat Wisata Gondang Winangoen di Klaten

Tempat Wisata Gondang Winangoen di Klaten



Tempat Wisata Gondang Winangoen di Klaten


Kompleks Pabrik Gula Gondang Winangoen saat ini sudah dikembangkan secara serius sebagai tujuan wisata. Banyak sekali perbaikan yang dilakukan, diantaranya adalah pembangunan pagar depan sehingga menjadi lebih menarik karena dilengkapi dengan air mancur. Museum Gula Klaten juga dilengkapi dengan wisata agro Gondang Winangoen atau Green Park Gondang. Disini anda dapat merasakan naik kereta lokomotif lama yang dulunya digunakan untuk mengangkut hasil panen  tebu. Di dalam wisata agro juga ada kolam renang yang dapat digunakan bermain bersama keluarga. Oh ya fasilitas di wisata agro Gondang Winangoen yang juga menjadi favorite pengunjung adalah D'Gondang Resto.