Senin, 05 Oktober 2015

Tempat Wisata Pantai Selong Belanak di Lombok Yang Harus Anda Kunjungi

Tempat Wisata Pantai Selong Belanak di Lombok Yang Harus Anda Kunjungi, Tempat Wisata Terindah - Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang selalu menjadi tujuan utama berlibur selain di Pulau Bali. Memang di Lombok juga tak mau kalah saing dengan panorama alam yang ada, mungkin bagi kalian sudah mengetahui banyak tempat wisata di Lombok yang sangat indah. Nah kali ini kita akan membahas tempat wisata di Pantai Selong Belanak yang akan memberikan ketentraman, ketenangan, dan kedamaian dengan alam terbuka yang tak dapat ditemukan dimana pun. Pantai Selong Belanak menonjol dengan bentuk dari garis pantai menyerupai bulan sabit ini semakin mempercantik di hamparan pasir seputih susu. Di masing-masing ujung garis pantai yang melengkung terdapat bukit hijau yang menambah tingkat eksotis di sini. Pantai Selong Belanak berlokasi di Jl. Selong Belanak Kecamatan Mataram Kabupaten Lombok yang memiliki tebing dengan panjang 1.000 meter langsung bertatapan dengan Samudera Hindia. Kawasan pantai ini dihuni oleh penduduk lokal yang mendiami lahan seperempat dari total luasnya wilayah ini, dimana ada 40 nelayan yang setiap hari mencari hasil tangkapan di laut.

 Tempat Wisata Pantai Selong Belanak di Lombok

Pantai Selong Belanak di Lombok



Pantai Selong Belanak di Lombok


(Baca : Wisata Pantai Senggigi yang Menawan )
Karena banyaknya nelayan di sini, otomatis akan membuat hambatan untuk melakukan kegiatan air selama di sini. Namun jangan kecewa dulu, karena Anda bisa melakukan kegiatan air di sisi utara yang akan menyuguhkan keindahandari jernihnya air laut yang tenang. Anda dapat bersantai sembari berjemur bahkan dapat menyewa perahu untuk berlayar sembari memancing. Pemandangan lain yang tak kita jumpai saat di perkotaan adalah dimana di pantai ini akan dilihat wajah-wajah ceria yang siap sedia untuk membantu orang tua mereka yang hendak pergi melaut, mereka hidup dengan sederhana namun tak sedikitpun kesedihan terpancar dari wajah mereka. Di sini Anda akan merasa sangat iri melihat keharmonisan dari keluarga-keluarga yang selalu senang dan menyemangati satu sama lain, terbukti dengan si suami yang mempersiapka perahu serta jalanya untuk melaut, sedangkan istrinya yang selalu menanti kedatangan suaminya setelah melaut untuk memberikan senyuman dan sambutan hangat serta membawa bersama-sama hasil tangkapan melaut yang dibawa oleh suaminya.

Pantai yang satu ini memang belum banyak diketahui oleh banyak orang, untuk itulah manfaat yang akan muncul. Anda dapat menikmati keindahan alam yang ada jauh dari keramaian, sehingga Anda dapat melewati masa berlibur Anda dengan damai dan tenang. Saat tidak di musim liburan, wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan warga sekitar sembari membantu dan melihat langsung para nelayan yang sibuk mempersiapkan diri untuk melaut. Meski pantai ini masih sepi pengunjung, namun sudah tersedia penginapan, rumah makan, dan kafetaria yang memiliki lahan parkir luas. Jangan pernah lupa untuk mencicipi makanan khas lombok yang murah meriah namun kelezatannya tetap jadi andalan yaitu sate ikan.

Tips Berwisata Pantai Selong Belanak

1.    Sebaiknya Anda harus lebih sering menanyakan kepada warga sekitar arah menuju wisata pantai di Lombok, karena minimnya petunjuk arah di sini.
2.    Melihat medan yang ditempuh cukup sulit, maka disarankan untuk mengendarai mobil atau kendaraan umum rombongan daripada motor. Karena jika menggunakan motor, maka Anda harus melaju dengan kecepatan yang stabil terutama saat memasuki jarak 15 km sebelum sampai di kawasan pantai.
3.    Tak mau kulit Anda menghitam? Maka sebaiknya Anda gunakan sunblock, topi, kacamata, agar tidak terpapar langsung dengan teriknya matahari.
4.    Jangan gunakan alas kaki saat menyentuh pasir, karena akan terjadi gesekan di kulit kaki yang akan membuat lecet.

Rute Menuju Pantai Selong Belanak

Anda akan menempung perjalanan selama 1 jam 30 menit yang dimuali bertolak dari Kota Mataram-rute Bandara Internasional Lombok-masjid Jami’ Panunjak-ambil arah selatan untuk sampai di Pantai Selong Belanak. Medan perjalanan dikatan lumayan bagus, namun akan sedikit berbeda ketika sudah memasukki jarak 15 km sebelum sampai di pantai, karena medan jalanan yang akan dilalui ada tanjakan dan turunan. Namun tak usah merasa takut, selama Anda bisa fokus pada jalan dan menjaga kecepatan kendaraan agar stabil, dan terutama pemandangan perjalanan di kiri dan kanan Anda yang penuh dengan ladang tembakau membuat Anda akan teteap terjaga semangatnya.

(Baca : 12 Tempat Wisata Terindah di Lombok )