Selasa, 05 April 2016

12 Tempat Wisata di Kabupaten Batang yang Paling Disukai Wisatawan

12 Tempat Wisata di Kabupaten Batang yang Paling Disukai Wisatawan, Tempat Wisata Terindah - Pernah berkunjung ke Kabupaten Batang ? Kabupaten Batang merupakan sebuah kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Batang di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, di sebelah selatan denga Kabupaten Banjarnegara, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kendal dan di sebelah barat berbatasan dengan Kota dan Kabupaten Pekalongan. Jadi Kabupaten Batang ini terletak di jalur Pantura Semarang-Jakarta.

Kabupaten Batang menyimpan potensi wisata yang sangat besar, karena memiliki geografis yang sangat beragam. Potensi wisata ini apabila dikembangkan secara serius oleh pihak terkait maka akan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat di Kabupaten Batang pada umumnya. Kabupaten Batang memiliki batas dengan Laut Jawa, sehingga memiliki sejumlah pantai yang dapat dijadikan sebagai obyek wisata. Selain itu ada juga kawasan hutan dan juga perbukitan dengan pemandangan yang indah. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Kabupaten Batang yang Paling Disukai Wisatawan selengkapnya :

12 Wisata Batang Jawa Tengah Paling Disukai


1. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu


Kabupaten Batang memiliki beberapa pantai yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai tempat wsiata. Salah satu pantai di Batang yang sangat indah adalah Pantai Sigandu. Selain pemandangannya yang indah, jika anda berkunjung ke Pantai Sigandu Batang ini maka anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah disiapkan, seperti taman bermain, resto, sirkuit motocross dll. Satu lagi yang menjadi andalan di Pantai Sigandu yaitu Batang Dolphin Center yang merupakan tempat pertunjukan lumba-lumba yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia. Pertunjukan lumba-lumba di Batang Dolphin Center ini dilakukan pada jam-jam tertentu saja. Jangan lupa pula untuk menikmati berbagai macam masakan laut yang banyak dijajakan oleh kafe-kafe yang berada di sekitar Pantai Sigandu. JIka anda berminat untuk berkunjung ke Pantai Sigandu ini anda dapat datang langsung ke Pantai Sigandu yang beralamat di Desa Klidang Lor. Jika ditempuh dari Kota Batang maka diperlukan perjalanan sekitar 2 km ke arah utara.
( Baca : Wisata ke Pantai Sigandu Batang yang Indah )

2. Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro


Pantai Ujung Negoro adalah Tempat Wisata Batang berupa pantai yang terkenal dengan pemandangan alam berupa tebing karang di tepi pantai yang indah. Di Pantai ini selain terkenal dengan pemandangannya yang indah juga dikenal beberapa tempat yang bersejarah yaitu sebuah makam peninggalan Syeh Maulana Maghribi. Di Pantai Ujungnegoro juga terdapat sebuah goa yang diberi nama Goa Aswotomo. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, goa ini tembu hingga Dataran Tinggi Dieng. Lokasi Pantai Ujungnegoro sendiri terdapat di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang.

3. Curug Genting

Curug Genting


Curug Genting yang berada di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Air Terjun ini memiliki ketinggian 40 meter dan memiliki pemandangan yang masih alami dan belum banyak dilakukan perbaikan dari dinas terkait. Salah satu yang menjadi unggulan dari Wisata Batang Curug Genting ini adalah pemandangannya yang asri dan dikelilingi pepohona pinus di sekitarnya.

4. Curug Gombong

Curug Gombong


Satu lagi Curug yang berada di Kabupaten Batang Jawa Tengah yaitu Curug Gombong yang tepatnya berada di Desa Gombong. Lokasi Curug Gombong sendiri agak tersembunyi dan belum banyak wisatawan yang mengunjunginya, namun hal itu tak bisa dijadikan sebagai ukuran keindahan dari Curug Gombong ini. Apabila dikembangkan secara serius oleh pihak terkait maka tidak heran jika Curug Gombong di Kabupaten Batang ini dapat ramai dikunjungi para wisatawan.


5. Agrowisata Pagilaran

Agrowisata Pagilaran


Hal yang sangat menarik dari Pagilaran adalah adanya kebun teh yang luas dengan pemandangan yang  mirip di Puncak Bogor. namun belakanyan di daerah Pagilaran ini dikembangkan sebagai arena bermain dengan konsep agrowisata. Agrowisata Pagilaran ini berlokasi di Desa Bawang Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Luas dari agrowisata ini adalah sekitar 1.131 ha. Di tempat wisata ini pengunjung dapat enikmati berbagai macam tempat permainan dan juga tersedia Wisma, Home Stay, Ruang Rapat dan Ruang Pertemuan dll.

6. Eco Park Bandar

Eco Park Bandar


Eco Park Bandar merupakan sebuah kolam renang yang juga memiliki beberapa permainan air di dalamnya sehingga kolam renang ini sangat cocok untuk sebaai tempat mengisi liburan bersama keluarga. Kolam renang bandar berada di Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Selain terdapat permainan air yang seru, yang menjadi kekhasan dari Kolam Renang Bandar adalah airnya yang bersumber dari sumber air alami, sehingga menjadikan kolam ini sangat jernih dan tidak pedih dimata.

7. Agrowisata Salak Sodong

Agrowisata Salak Sodong


Agrowisata Salak Sodong terdapat di Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Agrowisata Salak Sodong berada di ketinggian 600 - 800 mdpl sehingga memiliki udara yang sejuk. Di daerah ini terkenal sebagai penghasil salak sodong, kapulaga, panili dan juga cengkeh. Bahkan pada tahun 1999 Salak Sodong memenangi lomba buah tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain anda dapat melihat langsung keindahan alam di Desa Sodong dan juga beberapa perkebunan salak sodong, anda juga dapat menikmati indahnya Curug Sodong yang berada di Desa Sodong juga. Curug ini memiliki pemandangan yang indah.

8. Pantai Pelabuhan

Pantai Pelabuhan


Satu lagi obyek wisata pantai yang berada di Kabupaten Batang yaitu Pantai Pelabuhan. Pantai Pelabuhan berada di Desa ketanggan Kecamatan Gringsing atau jaraknya dari pusat Kota Batang adalah 50 km. Pantai Pelabuhan ini sering digunakan sebagai lokasi memancing, jadi jika anda memiliki hobi memancing jangan sampai lewatkan pengalaman memancing ika air laut di pantai Pelabuhan ini.


9. Curug Agung

Curug Agung


Kabupaten Batang ini ternyata memiliki banyak sekali destinasi wisata alam berupa curug atau air terjun. Salah satu Curug yang terdapat di Kabupaten Batang yang sedang ngehits adalah Curug agung. Curug Agung ini berada di Dukuh Pagedigan, Desa Pasusukan Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Curug ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa air terjun yang keluar dari tebing batu yang besar. Air yang berada di bawahnya sering digunakan sebagai tempat mandi dan berenang karena membentuk sebuah cekungan yang lumayan lebar. Air dalam curug ini terasa segar dan sejuk sehingga selalu menarik minat pengunjung untuk terjun ke bawahnya.

10. Wisata Agro Selopajang Timur (WAST)

Wisata Agro Selopajang Timur (WAST)


Tempat wisata di batang selanjutnya adalah Wisata Agro Selopajang Timur atau sering dikenal dengan singkatan WAST. Wisata Agro Selopajang Timur berada di Jalan Blado Reban km 3 atau beralamatkan di Desa Selopajang Timur Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Ada berbagai macam fasilitas yang berada di kompleks Wisata Agro Selopajang Timur ini, diantaranya adalah terapi ikan, kolam renang, kebun durian dan salak pondoh, bumi perkemahan, villa dan ruang pertemuan. Selain itu di kompleks Wisata Agro Selopajang Timur ini juga sudah disediakan arena outbond dan juga flyng fox.

11. Pantai Celong

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXJekPpcL4CiHCWUSosyxnUQSR-1pxL_mmhmECUbnxrTO5eCk1etOWCZas4xuKBiL383YD70aPRxayJNrXknrd7Hl5gSf_iXgFCXXI84syggsj9Pbm8PxCe0Tx5TTaYyYZJQ1hPT_EXFSu/s1600/Pantai+Celong+Batang.jpg


Tempat wisata pantai di Kabupaten Batang lainnya adalah Pantai Celong yang berada di Desa Mangunsari, Kecamatan Banyu Putih Kabupaten Batang Jawa Tengah. Lokasi pantai ini kurang lebih berjarak 7 km dari Jalur Pantura Batang. Di sepanjang jalan menuju pantai ini banyak ditumbuhi pepohonan seperti pohon randu, karet dll. Hal itu menimbulkan kesan bahwa pantai ini tempatnya tersembunyi dari hirup pikuk perkotaan. Hal inilah yang menjadikan Pantai Celong ini masih sedikit diminati oleh wisatawan terutama dari luar daerah. Jika ingin menjadikan Pantai Celong ini sebagai tujuan pariwisata yang ramai, maka perlu dilakukan  banyak pembenahan baik di lokasi wisata sendiri dan juga akses jalan menuju pantai Celong ini.

12. Tubing Pandansari

Tubing Pandansari


Kabupaten Batang ternyata tidak hanya memiliki obyek wisata berupa pantai da curug saja, namun terdapat obyek wisata lain yang tak kalah seru dan menarik yaitu obyek wisata berupa arung jeram menggunakan ban atau juga sering disebut dengan susur sungai Pandansari. Wisata arung jeram di Batang ini terdapat di Desa Pandansari kecamatan Warungasem, kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Arung jeram ini memiliki air yang jernih serta arus yang cukup menantang sehinga banyak diminati oleh para pengunjung baik dari Kabupaten Batang sendiri maupun wilayah di sekitarnya. Untuk menikmati fasilitas arung jeram ini anda dapat mengambil paket Fun Tubing dengan biaya Rp. 45.000,- per orang, min. 10 Orang. Fasilitas yang akan anda dapatkan adalah Makan, Perlengkapan Tubing (Ban, Pelampung, Helm, Sepatu), Transportasi Lokal, Pemandu, Soft drink dan Opak Sambel. Selain tubing di Pandansari ini anda dapat juga melakukan camping dan outbond.

Demikian tadi informasi 12 Tempat Wisata di Kabupaten Batang yang Paling Disukai Wisatawan. Jika kalian sedang berada di Batang atau sedang melintas di jalur Batang jangan lupa untuk mencoba beberapa tempat wisata unggulan diatas.

Baca juga :
12 Tempat Wisata di kabupaten Kendal yang banyak dikunjungi wisatawan
12 Tempat Wisata di Kabupaten Tegal yang paling Menarik